Rabu, 16 Februari 2011

SUSU KEDELAI DAPAT MENCEGAH MENOPAUSE DINI


Kendati menopause merupakan proses alami, tak sedikit kaum wanita merasa takut dan khawatir menghadapi masa menopause. Hal ini wajar karena proses yang ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi itu kerap menimbulkan gangguan psikis dan fisik yang sangat mengganggu; baik sebelum maupun setelah memasukinya.

Berhentinya siklus haid pada wanita menopause sangat dipengaruhi oleh Hormon Estrogen yang diproduksi oleh Kelenjar Ovarium. Karena itu terapi medis yang biasa diberikan adalah Hormone Replacement Therapy (HRT). Meskipun cukup ampuh mengatasi beberapa sindroma menopause; tetapi dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan; antara lain Kanker Payudara (33%),Stroke (49.1 %), Thromboemboli (125.3 %), dan Penyakit Jantug (34.4%)- (Woman Health Initiaive USA).

Solusi yang bisa dilakukan adalah terus mencari dan meneliti FITO-ESTROGEN atau ESTROGEN yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang mempunyai kandungan fitoestrogen dan estrogen adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung komponen isoflavon yang mempunyai struktur mirip estrogen endogen. Kemiripan ini membuat isoflavon mampu berikatan dengan reseptor esrogen dan pada akhirnya isoflavon dapat enggantikan estrogen.

Sumber: www.gizi-net.com

Tidak ada komentar:

SOYA SHAKE MEMBUANG LEMAK JAHAT DIPERUT

cashflowmails.com
paypermails.com